Sabtu, 09 Mei 2015

BUSINESS BLUE PRINT: Kunci Agar BISNIS Kita BERKEMBANG

BUSINESS BLUE PRINT:  Kunci Agar Bisnis Kita Berkembang


Business Blueprint akan sangat membantu kita dalam memahami secara detail apa yang ada di dalam bisnis kita, sebab di dalam Business Blueprint terdapat dokumentasi dari setiap prosedur, sistem serta berbagai elemen lainnya yang melekat pada bisnis kita dari waktu ke waktu. Pernahkan anda merasa telah mencoba sesuatu yang baru, mungkin strategi, sebuah tools bisnis, atau dalam bentuk apapun, tapi dalam pelaksanaanya tidak bisa sesuai secara penuh atau mungkin sama sekali tidak cocok dibisnis anda. seringkali yang dilakukan oleh kebanyakan pebisnis  dalam menjalani bisnisnya itu berpegang pada falsafah “Trial And Error”  atau coba-coba dan terkadang hal tersebut dilakukan tanpa pertimbangan yang cukup matang, bahkan dalam beberapa kasus tanpa ada pertimbangan sama sekali, hanya karena ingin mencoba. Ini sebuah kesalahan fatal, karena bisnis kita bukan laboratorium uji coba, bisnis kita adalah kehidupan kita….apakah anda mau mencoba-coba dengan bisnis anda.

Permasalah ketidaksesuaian yang terjadi mungkin bukan semata-mata kesalahan dari strategi, atau mungkin tools yang kita gunakan atau hal lain, tapi sebenarnya terletak pada grand desain bisnis kita yang tidak sesuai dengan strategi, dengan tools yang kita aplikasian, dan parahya kita tidak mengetahui hal tersebut sehingga sering kali kita terjebak pada aktivitas “Trial And Error” dalam mengambil pilihan dalam bisnis kita. Grand desain yang saya sebut dengan Business Blueprint akan menjadi peta kita dalam menilai dan memahami setiap seluk beluk sebuah bisnis serta detail yang ada di dalam roda dan kehidupan bisnis kita, dengan begitu apapun yang akan kita lakukan akan selalu kita arahkan untuk mengembangan apa yang sudah kita miliki sebelumnya dan bukan untuk melakukan hal yang sia-sia bagi bisnis kita. Apa yang saya dan sahabat saya lakukan pada cerita saya diatas adalah saya mencoba untuk memetakan kembali sebuah bisnis dalam grand desain yang masih merupakan langkah awal untuk bisa menghasilakan sebuah Business Blueprint pada bisnis. Dan dengan pemahaman yang cukup detail tentang bisnis, kita akan mampu melahirkan sebuah strategi dan perencanaan yang terdokumentasi untuk bisa menjadi senjata yang cukup ampuh untuk memberikan sebuah keyakian kepada pihak ketiga di luar perusahaan tentang potensi dan prospek dari bisnis yang sedang dijalani saat ini, yang kemudian mampu menghasilkan sumber daya baru yang akan membantu bisnis kita untuk masuk ke level berikutnya untuk menjadi “The Next Big Thing” . Ini hanyalah satu satu contoh kecil keuntungan dan manfaat yang coba saya tunjukan kepada kita semua mengenai manfaat dalam memahami dan memiliki sebuah grand desain dari bisnis kita yang kita sebut Business Blueprint.

Devinisikan Bisnis Kita secara Detail:


SIAPA KITA?
  1. Kami adalah perusahaan yang bergerak di _______
  2. Berdiri sejak _______ 
  3. Dalam 10 tahun kami akan mengembangkan usaha ke _______ 
  4. Telah melayani pelanggan _______ 
  5. Memiliki cabang _______ 
  6. Menambah jenis usaha _______
  7. Kami memiliki team yang _______
  8. Komitmen kami adalah _______

APA YANG KITA LAKUKAN?

  1. Kami memulai bisnis ini dengan _______
  2. Saat ini kami memiliki jenis produk dari mulai _______
  3. Kami memberikan pelayanan dengan cara _______
  4. Dalam 10 tahun ke depan kami akan mengembangkan pelayanan dengan cara _______

BAGAIMANA KITA MELAKUKANNYA?

  1. Kami unik karena _______
  2. Produk kami unik karena _______
  3. Pelayanan kami unik karena _______
  4. Kami berbeda dengan kompetitor karena _______
  5. Teknologi kami unik karena _______
  6. Dalam 10 tahun ke depan akan mengembangkan teknologi ke arah _______

MENGAPA KITA MELAKUKANNYA

  1. Kami bekerja keras ingin mewujudkan _______
  2. Kami akan menggunakan keunikan kami untuk _______
  3. Dalam 100 tahun kami ingin dikenang sebagai _______

UNTUK SIAPA ?

Kami berdedikasi melayani konsumen dengan karakteristik :

  1. Umur : _______  th 
  2. Pendidikan : _______ 
  3. Penghasilan: Rp._______  per bulan 
  4. Frustasi karena:  _______ 
  5. Memiliki keinginan untuk _______ 
  6. Memiliki sifat : _______

Silahkan di kembangkan pertanyaan di atas untuk bisnis andam dan coba di jawab se detail-detailnya..sebagai panduan perjalanan bisnis. Dengan harapan bisnis kita dapat bersaing dan tetap eksis sampai kapan pun juga. Saya sendiri juga masih belajar tentang Business Blueprint untuk di terapkan di bisnis santoso konveksi dan sentra batik tulis yogyakarta.

salam hangat penuh semangat……..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar